Sunday, July 3, 2011

Kondisi Hati yang akan Membebaskan Anda

Saya memiliki suatu kondisi hati - begitu pula anda. Saya tidak berbicara tentang hati secara fisik. Saya sedang berbicara mengenai jiwa saya, yang merupakan pikiran, kemauan dan emosi saya. Ini adalah hati dari kehidupan batin kita.

Kehidupan batin kita lebih penting daripada apa pun karena didasarkan pada pikiran dan sikap, yang menentukan bagaimana kita hidup. Kehidupan nyata adalah kehidupan yang ada di dalam diri anda, bukan situasi anda, seperti di mana anda tinggal atau pekerjaan apa yang anda miliki atau dengan siapa anda berhubungan ... Kedamaian dan kegembiraan yang nyata berasal dari Roh Allah dalam diri kita, bukan dari hal-hal atau orang di sekitar kita. Dan ketika hati anda sesuai dengan Allah, sungguh menakjubkan betapa damai, nyaman dan bahkan bahagianya anda bisa berada di tengah-tengah situasi yang sulit dan bergejolak.

Matius 5:8 mengatakan yang suci hatinya akan melihat Allah. Dan Amsal 4:23 memerintahkan kita untuk,“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Ayat suci dalam Amsal menjelaskan bahwa adalah tanggung jawab kita untuk menjaga hati kita. Dan kita perlu sering melakukannya karena setiap hari ada kesempatan tak terhitung untuk sesuatu menyusup ke hati kita yang tidak murni atau tidak berkenan kepada Allah.


Ujian untuk Mendapat Hati yang Murni

Memeriksa motif anda adalah cara yang baik untuk menentukan apa kondisi hati anda. Motif mengungkapkan mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan, mana yang sebenarnya lebih penting bagi Allah dibanding apa yang kita lakukan. Jika kita benar-benar jujur dengan diri kita sendiri, kebanyakan dari kita akan mengakui bahwa kita ingin mengesankan orang, dan ini yang menyebabkan kita melakukan apa yang kita lakukan.

Tapi saya telah belajar rahasia besar: Ketika kita tidak lagi ingin mengesankan orang lain dan kita hidup untuk menyenangkan Allah dan melakukan apa yang Dia ingin kita lakukan, kita akan memiliki kebebasan yang sebenarnya untuk menjadi seseorang yang Allah inginkan saat Ia menciptakan kita dan menikmati hidup.

Pikirkan tentang hal ini. Jika jadwal Anda sibuk, adalah karena Allah membebani anda dengan terlalu banyak tanggung jawab atau karena anda berusaha melakukan apa yang anda rasa orang lain ingin anda lakukan? Apakah anda pernah mengatakan, "Yah, orang ini-orang itu mengharapkan saya untuk melakukan hal ini, jadi itu sebabnya saya melakukan ini."Atau mungkin anda takut seseorang akan marah atau kecewa jika anda tidak melakukan apa yang mereka minta. Saya pernah melakukan ini. Dan itu hanya membuat saya sengsara dan bahkan kadangkala marah.

Saya juga dulu melakukan sesuatu karena saya penasaran dan cuma ingin tahu apa saja yang terjadi - bahkan di gereja! Saya ingin terlibat dalam beberapa kelompok karena sebab ini. Dan bahkan satu waktu saya mendorong Dave untuk menjadi penatua supaya dia bisa pergi ke pertemuan-pertemuan dan kemudian mengatakan kepada saya apa yang sedang terjadi.


Bagaimana Memeriksa Jantung Anda

Saat saya bertumbuh dalam hubungan saya dengan Tuhan, Dia menunjukkan pada saya apa artinya memiliki hati seperti Dia. Dia adalah Allah kasih karunia, kasih sayang kebenaran, dan kemurahan hati. Apapun yang Dia minta kita lakukan, itu adalah untuk kebaikan kita, bukan keuntungan-Nya. Dia memberikan yang terbaik dari-Nya bagi kita saat Dia memberikan Yesus, Anak-Nya, yang mati untuk kita sehingga dosa kita bisa diampuni melalui penumpahan darah-Nya.

Tidak peduli apa kondisi hati anda saat ini, jika anda akan percaya kepada Tuhan, Dia dapat menyembuhkan anda dan membuat hati anda seperti hati-Nya.

Jika anda tidak dalam kebiasaan memeriksa hati Anda dan benar-benar menjaga hati anda, saya ingin mendorong anda untuk menghabiskan beberapa jam saja sendirian dalam satu hari dan berpikir tentang apa yang anda lakukan dan mengapa.

Jika Anda akan jujur dengan diri sendiri, Tuhan dapat membantu Anda melihat kebenaran mengenai kondisi anda. Dan kebenaran akan selalu membuat anda bebas!



Source :
http://www.christianpost.co.id/hidup/20110321/5451/kondisi-hati-yang-akan-membebaskan-anda/

No comments:

Post a Comment