Saturday, June 18, 2011

Pemimpin Yang Sedang Dibentuk



TUGAS UTAMA KITA
Pengembangan potensi pribadi merupakan pekerjaan utama tiap-tiap orang. Kita semua memiliki potensi, tetapi kita tidak akan pernah melihat potensi tersebut terwujud sebelum kita beriman kepada Tuhan dan yakin bahwa kita dapat melakukan apa saja yang Ia katakan bisa kita lakukan didalam Firman-Nya. Kecuali kita mengambil kesempatan dan melangkah dengan iman bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, Tuhan tidak dapat melakukan pekerjaan yang ingin Ia lakukan dalam diri kita untuk mengembangkan potensi kita. Kita memerlukan kesepakatan dengan-Nya karena tanpa adanya kesepakatan maka apapun yang ingin anda kerjakan, pasti tidak dapat anda lakukan.

BENTUKLAH POTENSI ANDA
Jika anda ingin melihat potensi anda berkembang secara penuh, jangan tunggu sampai segala sesuatu menjadi sempurna. Lakukanlah sesuatu sekarang juga. Mulailah mengerjakan apa saja yang ada didepan anda, anda tidak bisa mulai digaris akhir, anda harus memulai pada garis awal seperti yang dilakukan setiap orang.
Ada begitu banyak orang yang frustasi karena tidak tahu karunia apa yang mereka punyai atau panggilan apa yang Tuhan berikan untuk mereka kerjakan dalam hidup mereka. Apa yang harus anda kerjakan untuk menemukan panggilan anda adalah memulai mengerjakan beberapa hal yang berkaitan dengan suatu bidang yang menjadi minat anda. Tuhan tidak akan membiarkan anda menghabiskan seluruh hidup anda untuk melakukan sesuatu yang tidak anda sukai.

KEMBANGKAN BENIH ANDA
Saya yakin Tuhan menaruh benih-benih didalam hidup kita, bahkan Yesus sendiri dikatakan sebagai benih. Kita sering berbicara tentang hak, keistimewaan dan kemenangan yang menjadi milik kita didalam Kristus dan juga berkat berkat lainnya seperti kedamaian, kebenaran dan suka cita. Saya yakin semuanya itu ada didalam hidup kita sebagai benih ketika kita menerima Yesus sebagai Juru Selamat kita.

Satu alasan mengapa orang tidak pernah mewujudkan apa yang Alkitab katakan bisa kita miliki adalah karena mereka tidak pernah mengembangkan benih mereka. Benih itu tidak pernah bertumbuh karena ia hanya tinggal diam didalam hidup mereka dan mereka tidak melakukan apa-apa dengan benih itu.

Dalam 1 Petrus 4:10 dikatakan kita diminta untuk mengembangkan dan menggunakan karunia2 kita untuk saling memberkati. Itulah tujuan Tuhan memberikan karunia2 kepada kita, yaitu agar kita menjadi berkat bagi orang lain. Tidak ada alasan bagi kita untuk merasa bosan atau kesepian karena pasti ada orang-orang yang membutuhkan apa yang kita miliki. Apa yang harus kita lakukan adalah adalah pergi dan temukan orang2 itu dan mulailah melepaskan karunia2 itu untuk menjadi berkat bagi mereka.

Dengan menyerahkan waktu dan tenaga untuk mengembangkan apa yang telah Tuhan taruh didalam hidup anda, anda akan menikmati suka cita. Jangan pernah berhenti dan jangan pernah menyerah tetapi pertahankan potensi anda dengan tekun

Galatia 6: 9 – Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

TETAP FOKUS
Ibrani 12: 1. Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Agar impian dan visi anda menjadi kenyataan dimasa depan, fokuskan diri anda untuk mewujudkan potensi anda sekarang.

1Kor 9:26 -27. Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak. Paulus mengatakan disini bahwa jika kita ingin memenangkan perlombaan, kita harus menakhlukan tubuh kita. Dalam pengertian ini, tubuh menujukan keinginan-keinginan daging. Dalam ayat 27, Paulus berbicara tentang penguasaan diri, penyangkalan diri, menahan hawa nafsu dan mematikan daging. Ia berkata bahwa ia melatih tubuhnya; ia tidak memanjakan tubuhnya. 

Disiplin pribadi adalah faktor yang sangat penting dalam hidup ini. Arti disiplin pribadi adalah terus berjalan dijalan yang benar tanpa harus dipaksa oleh orang lain.

KUASAILAH EMOSI ANDA
Amsal 16:32. Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota
Seperti yang dikatakan Firman Tuhan ini, orang yang memiliki penguasaan diri adalah orang yang memiliki kekuatan. Seseorang tidak bisa menjadi pemimpin jika ia tidak bisa mengatur emosinya (Amsal 14:17, Amsal 19:11 dan Pengkotbah 7:9)

Hidup yang penuh dengan kedisiplinan dan penguasaan diri tidak saja membutuhkan waktu, tekad dan kerja keras, tetapi juga membutuhkan penyangkalan diri, termasuk menanggalkan cara-cara hidup yang lama. Tetapi ada berkat yang besar yang menanti dibalik itu.

KENAKANLAH SIFAT YANG BARU
Pada saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi, kita menerima sifat Tuhan. Alkitab berkata ”manusia lama” mati bersama Kristus dikayu salib dan kita telah diberi sifat yang bary dan kita diperintahkan berjalan didalam sifat itu. Effesus 4:22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,

BERSABARLAH
Yakobus 1:2-4. Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun. 

Saya melihat bahwa sebelum menghasilkan kesabaran, kesengsaraan selalu mendatangkan berbagai kesulitan. Tetapi justru masalah-masalah itulah yang harus dikeluarkan dari hidup kita. Dalam Yesaya 43:2 Tuhan mengatakan bahwa Ia akan menyertai kita melewati air dan api, ini artinya ada beberapa ujian dan pencobaa yang tidak bisa kita hindari. Alkitab berbicara tentang pemurnian, penyucian, korban, penderitaan. Semua ini bukan kata2 populer, namun demikian hal ini tercatat didalam alkitab dan jika kita ingin mewujudkan potensi kita, maka kita harus siap menjalani hal-hal itu.

LAKUKAN YANG TERBAIK DALAM HIDUP ANDA
Ibrani 10:35-36. Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Tuhan, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

Kita harus bersabar dengan hidup ini dan belajar untuk menerima dan menikmati setiap hari dengan senang hati. Itulah salah satu ciri khas seorang pemimpin yaitu mampu menikmati hidup apa adanya dan melakukan yang terbaik didalam hidup ini.

Apapun yang menjadi panggilan anda, lakukanlah yang terbaik. Lakukanlah secara maksimal. Ada banyak orang yang menderita batin karena mereka tidak mengalami pemenuhan diri. Mereka tidak menjadi apa yang sebenarnya bisa mereka wujudkan dan tidak mengerjakan apa yang menjadi panggilan mereka. Mereka sedang membiarkan iblis dan/atau orang lain menjauhkan mereka dari panggilan dan berkat mereka. Itulah yang dialami oleh hamba yang diceritakan dalam Matius pasal 25 dimana hamba yang ketiga menggali lubang dan menyembunyikan talentanya didalam tanah karena ia takut. Ketika tuannya menemukan apa yang telah dikerjakan hambanya itu, ia sangat marah sehingga ia mengambil talenta itu dan memberikannya kepada hamba yang telah melipat gandakan talenta yang diberikan.

Ada banyak orang yang seperti hamba yang ketiga itu. Mereka menyembunyikan talenta mereka karena mereka takut akan tanggung jawab, takut akan penghakiman, takut tentang apa yang akan dikatakan orang lain. Mereka takut melangkah, takut gagal, takut dikritik, takut pada pandangan orang lain, takut disalah pahami orang lain. Mereka takut akan pengorbanan dan kerja keras.

Saya tidak ingin anda takut mengambil talenta yang telah Tuhan berikan kepada anda dan menggunakannya untuk kemuliaan-Nya. Saya tidak ingin anda pada akhirnya tidak bahagia dan tidak puas karena anda menyia-nyiakan apa yang telah Tuhan taruh didalam hidup anda.

Saya berharap bahwa dengan Kuasa Roh Kudus, saya telah membangkitkan semangat didalam diri anda sehingga anda bangkit melawan musuh kita si iblis dan bertekat untuk terus maju dengan panggilan mulia dari Tuhan dalam Yesus Kristus, selalu mengambil bagian di dalam pelayanan-Nya karena apa yang anda kerjakan tidak sia-sia.

Source :
http://www.bethanybangkok.com/?p=2276

No comments:

Post a Comment