Wednesday, May 2, 2012

Kelemahlembutan


– Diambil dari bacaan AIR HIDUP RENUNGAN HARIAN, EDISI 15 Agustus 2008 -

Baca: Kolose 3:5-17
  
“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.” Kolose 3:12
Kelemahlembutan adalah salah satu buah Roh (baca: Galatia 5:22-23). Lemah lembut bukanlah orang yang lemah atau dalam bahasa jawab disebut ‘klemak-klemek’ (lamban), kalah dan berarti negatif, tetapi adalah karakter seseorang yang dapat mengontrol diri. Jadi, orang yang lemah lembut adalah orang yang sesungguhnya memiliki kekuatan atau kelebihan, namun dapat menguasi diri dan mengontrol kekuatannya; tidak menyalahgunakan kekuatan dan kuasa yang dimilikiyya namun dapat memakai kekuatan itu dengan benar dan bijaksana.

Dalam Perjanjian Baru, kelemahlembutan memiliki tiga arti:  
1. Tunduk kepada kehendak Tuhan.
Seperti Daud yang selalu berusaha agar hidupnya berkena kepada Tuhan. “Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!” (Mazmur 143:10);

2. Mudah untuk dibentuk dan diajar.
Orang yang lemah lembut tidak mudah tersinggung dan dengan senang hati menerima teguran. “…terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.” (Yakobus 1:21).  

3. Mau mempertimbangkan dan menghargai pendapat orang lain.
Dalam setiap tindakan, segala sesuatunya dipikirkan matang dan penuh pertimbangan, termasuk hal ucapan. Alkitab menulis: “Lidah lembut adalah pohon kehidupan,” (Amsal 15:4a).

Untuk menjadi lemah lembut tidak mudah, karena orang cenderung egois dan emosional. Mari belajar dari Musa. Meskipun bangsa Israel terus bersungut-sungut dan berontak kepada Tuhan, Musa dengan sabar dan penuh kelembutan memimpin dan membimbing mereka di pada gurun. Alkitab menulis, “…Musa ialah seorang yang sangat lembut hatinya, lebih dari setiap manusia yang di atas muka bumi.” (Bilangan 12:3)

“Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi,” Matius 5:5


Source:
 http://saatteduh.wordpress.com/2008/08/15/kelemahlembutan/

No comments:

Post a Comment