Wednesday, March 23, 2011

Doa Yabes



1 Tawarikh 4:9-10
Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: “Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan.” Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Mengapa doa Yabes?


Doa Yabes terdiri dari 4 bagian.

1. Yabes meminta Tuhan untuk memberkatinya. 
2. Dia meminta Tuhan untuk memperluas daerahnya atau meningkatkan tanggung jawabnya.
3. dia berdoa agar Tuhan menyertainya dan tetap dekat. 
4. Yabes meminta Tuhan untuk melindunginya dari bahaya sehingga dia terbebas dari sakit.

Doa Yabes menyatakan bahwa Yabes memahami apa yang tidak dipahami banyak orang – hanya ada satu Tuhan dan Dia harus menjadi pusat pekerjaan kita dan Dia ingin memberkati kita. Tetapi, kita harus terlebih dahulu memutuskan untuk mengundang Tuhan ke dalam hidup kita dan meminta berkat -Nya. Yabes ingin berhasil dan meningkatkan pengaruhnya bagi Tuhan.

Jangkauan pengaruh yang spesifik tidaklah penting. Hal yang penting adalah ketika kita ingin mencapai tujuan yang kita miliki dengan Tuhan beserta kita. Amsal 16:3 menyatakan, Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu. Adalah penting untuk memahami dan mempraktikkan hal ini di dalam sebuah hubungan yang dekat dengan Tuhan.

Lebih jauh lagi, sama pentingnya bagi kita untuk tetap mendekat kepada Tuhan dan bergantung pada pertolongan-Nya serta tuntunan-Nya di sepanjang hidup kita. Yabes dengan jelas tahu dan berdoa secara khusus kepada yang melindunginya dari kejahatan dan sakit yaitu Tuhan. Pada akhirnya, dengan jelas dijelaskan bahwa Tuhan mengabulkan doa tersebut.

Adalah penting juga bagi kita untuk melihat bahwa Yabes begitu bersungguh – sungguh di dalam permohonannya kepada Tuhan : ” Dia berseru kepada Allah Israel.” Tuhan ingin mendengar bahwa kita membutuhkan-Nya melalui doa yang sungguh – sungguh.

Yesus mengajarkan kita untuk meminta di dalam Matius 7:7-8, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.”

Yesus sendiri menunjukkan kita bahwa kita harus mencari Tuhan di dalam doa ketika kita ingin Tuhan melakukan sesuatu
( memberi makan 5.000 orang dan membangkitkan Lazarus).

Disadur dari “The Leader's Prayer Life” oleh Rick Warren
Prayer Of Jabez - Think Huge! By http://www.allaboutprayer.org/

No comments:

Post a Comment